MotoGP Andalusia 2020: Quartararo Tanpa ada Tanding, Yamaha Kuasai Tribune

Posted on

Jerez – Yamaha sapu bersih MotoGP Andalusia 2020. Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo memenangkan balapan diikuti ganda Monster Yamaha, Maverick Vinales serta Valentino Rossi.
Pada balapan MotoGP seri ke-2 yang masih tetap digelar di circuit Angel-Nieto, Jerez, Minggu (26/7/2020) malam WIB, Quartararo yang menggenggam pole tidak tertahan semenjak lap pertama untuk jaga tempatnya itu.

Quartararo pada akhirnya ada untuk juara diikuti Vinales serta Rossi. Mereka terjebak tanding di dua lap paling akhir untuk merampas tempat runner-up. Dengan penambahan 25 point, Quartararo kokoh di tempat pertama klasemen MotoGP 2020 dengan 50 point, unggul 10 angka dari Vinales di tempat ke-2 dengan 40 point.

Balapan selanjutnya digelar di MotoGP Republik Ceko 9 Agustus.

Jalannya balapan

Demikian lampu hijau menyala, Quartararo langsung menjaga tempat paling depan serta melejit dari kejaran Vinales. Rossi yang start ke-4 langsung menggantikan tempat ke-3 dari Francesco Bagnaia.

Nasib apes dirasakan Miguel Oliveira yang start ke-5 jatuh di kelokan pertama sebab diseruduk motor lain. Quartararo masih menjaga tempat paling depan, sesaat Vinales serta Rossi coba memburunya.

Vinales yang coba mendahului mendekati lap pertama usai justru tidak berhasil serta melebar, hingga tempatnya disalip Rossi langsung ada di tempat ke-2. Setelah lap pertama, Andrea Dovizioso serta Danilo Petrucci masih kesusahan tembus sepuluh.

Marc Marquez dapat melejit ke tempat ke-14

sesudah hanya start di luar 20 besar. Dua lap berlalu, Quartararo telah tinggalkan Rossi serta Vinales yang masih tetap bertanding untuk merebutkan tempat ke-2.

Masuk lap ke-4, Quartararo telah unggul lebih dari 2,5 detik atas Rossi di tempat ke-2. Sesaat, Jack Miller, Bagnaia, Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli, Joan Mir, Dovizioso, serta Petrucci lengkapi 10 baris paling depan.

Tujuh lap berlalu, Quartararo menajamkan beda waktu jadi nyaris 3,5 detik atas Rossi di tempat ke-2, yang terus hindari kejaran Vinales. Miller serta Bagnaia tetap di tempat ke-4 dan ke-5.

Satu lap berlalu, Vinales justru mendapatkan masalahan penambahan waktu memburu Rossi. Bagnaia serta Miller yang menguntit hampir mendahului Vinales, tetapi pembalap asal Spanyol itu mampu mempertahankannya.

Tetapi, di lap ke-9, Bagnaia dapat menyusul Vinales dalam satu tanding di kelokan serta dapat bertahan dari gempuran Vinales selanjutnya. Quartararo dimana? Pembalap Prancis itu justru telah memperlebar jarak jadi empat detik serta lari sendirian di muka.

Nasib apes untuk Vinales di lap ke-10, sebab mendadak ia kehilangan tenaga motornya serta perlahan-lahan disalip Miller dan Franco Morbidelli untuk turun ke tempat ke enam. Masih diperputaran yang serupa, Miller justru paling jauh ke luar trek waktu ada di tempat ke-5.

Disamping itu, Bagnaia di lap ke-11 dapat mendahului Rossi di track lurus serta menutup tempat ke-2. Vinales masih memburu Morbidelli untuk merampas tempat ke-4. Quartararo semakin tidak tersusul di tempat pertama dengan jarak 4,5 detik atas Bagnaia di lap ke-13.

Alex Marquez pada akhirnya dapat masuk 10 besar di lap ke-15

di belakang Pol Espargaro, Dovizioso, Joan Mir, serta Nakagami. Morbidelli alami musibah saat motornya kehilangan tenaga serta membuat harus menyelesaikan balapan lebih cepat di lap ke-16.

Walau sebenarnya Morbidelli tengah memburu Vinales serta Rossi. Masuk lap ke-18, tempat dua besar nampaknya akan jadi punya Quartararo serta Bagnaia. Tetapi, motor Bagnaia mulai memiliki masalah saat asap nampak keluar, yang membuat team di paddock kaget.

Diawalnya lap ke-19, Bagnaia pada akhirnya harus out dari balapan hingga tidak berhasil mendapatkan tribune. Rossi serta Vinales mendapat untung sebab dapat naik ke barisan tribune. Quartararo telah unggul hampir delapan detik di tempat paling depan.

Usaha Vinales untuk mendahului Rossi pada akhirnya terjadi di lap ke-24 saat ia dapat menyodok dari bagian luar rekanan segrupnya itu. Vinales pada akhirnya dapat tampil untuk runner-up di balapan itu, sesudah Fabio Quartararo jadi yang pertama finish di MotoGP Andalusia 2020. Rossi harus senang di tempat ke-3 diikuti Takaaki Nakagami serta Joan Mir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *